"Carilah alamat gudang penyimpanan obat yang ampuh yang luas dalam tempat ruang kosong dan hampa,telusuri jalan yang halus yang tak kasad mata,singgah di alamat hati ambilah yang beberapa kamu perlukan atau banyak lagi untuk orang-orang di sekelilingmu...Ngadimin kpz"

"Sakit bisa disebabkan oleh faktor yang ada disekelilingnya dan begitu juga penyembuhanya tidak jauh dari itu...(Ngadimin.kpz)"

"Adakalanya orang menanyakan atau meramal nasibnya sendiri,tapi kena apa tidak tentukan saja hari ini nasibnya,satu tabung gelas tidak akan sanggup menampung volume satu ember, hanya ada satu jalan ; merubah tabung gelas dalam arti keseluruhan.Tuhan akan serta merta"....(imajiner...Ngadimin kpz)

"Takut ialah permainan pikiran yang disetujui oleh hati,tidaklah semua apa yang kita sangka tentang sifat harimau atau apalah namanya,jadilah kita bijak, berikan intruksi yang jelas dan tegas pada diri kita yang dalam,sekarang dan seterusnya tidak ada lagi yang namanya takut atau yang menakut- nakuti,kecuali kita mengamini".(Ngadimin kpz). mutiara kata yg lain

Sabtu, 07 April 2012

cara menghilangkan rasa cemas atau gangguan jiwa

CEMAS ! PENYAKIT TUBUH ATAU GANGGUAN JIWA?
Rasa cemas adalah bagian sari emosi normal manusia.Semua orang hampir bisa dipastikan pernah mengalami apa yang disebut rasa cemas,gelisah,kuatir,dan panik.Tapi rasa cemas ternyata bisa menjadi gangguan yang sangatparah dan berpengaruh terhadap kesehata.Jika hal ini terjadi,muncul itu penyakit atau gangguan jiwa?''jawaban akan pertanyaan tsb sudah menjadi perbincangan para ahli sejak dasawarsa lalu.Dan disimpulkan bahwa kecemasan merupakan penyakit tubuh dan gangguan jiwa,sekaligus saling sangat mempengaruhi.

Dalam istilah psikologi,gangguan ini sering disebut Anxiet Disorders(AD).Adalah sebuah penyakit mental yang serius.Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki rasa cemas yang besar dan berlebihan.Seringkali,kecemasan ini mempengaruhi kesehatan dan aktifitasnya.Karena akhirnya berpengaruh pada kesehatan,gangguan jiwa ini digolongakan dalam psikomatis,yaitu penyakit yang muncul karena tekanan mental.

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan ini.Penyakit pisik seperti menopause,kencing manis,dan jantung koroner bisa menjadi salah satu pemicunya.Gangguan neurologik seperti vertigo,migrain,kejang serta gangguan saluran napas seperti asma,emboli paru;termasuk juga gangguan psikiatrik lainya seperti demensia dan depresi juga bisa menjadi penyebanya.

Apa yang dimaksud dengan AD itu?...Bagaimana gejalanya...?dan bagaimana mengatasinya...? yuk... ditelusuri bersama.

Beraneka ragam
Beberapa jenis AD yang bisa kita jumpai adalah panic disorders.orang-orang dengan gangguan kepaikan ini biasanya sering merasa diteror secara tiba-tiba dan terjadi berulangkali.Mereka seringkali mudah berkeringat,merasakan sakit didada'palpitasi(detak jantung tidak teratur),dan perasaan tersedak,yang dapat membuat seseorangmerasa seperti sedang mengalami serangan jantung.

Obsessive-Compulsive Disorders(OCD).Orang yang mengalami biasanya memiliki gangguan pikiran yang konstan dan ketakutan-ketakutan tertentu akan sesuatu seara berlebihan sehingga mendorong untuk melakukan rutinitas yang lebay alias berlebihan.Misalnya yang takut pada kuman secara berlebihan seringkali berpikiran bahwa ada banyak kuman di sekelilingnya sehingga setiap kali ia menyentuh sesuatu,ia harus mencuci tangan.

Post-traumatic stress disorder(PTSD)
Orang dengan gangguan PTSD ini biasanya pernah mengalami trauma atau peristiwa yang sangat mengerikan seperti pelecehan seksual atau fisik,kematian tak terduga orang yang dicintai,atau bencana alam.Orang denga PTSD sering memiliki pikiran dan kenangan yang abadi dan cenderung takut terhadap kejadian tsb.Biasanya mereka matirasa secara emosial.

Social anxiety disorders.
Sering disebut juga sebagai fobia sosial,yakni kecemasan berlebihan seseorang terhadap lingkungan sosialnya.Orang-orang dengan gangguan ini biasanya takut dengan penilaian orang lain,takut diejek,takut tidak diterima olh teman-temannya,dsb.

Spesific phobias.
Biasanya orang-orang dengan gangguan ini memiliki ketakutan terhadap hal-hal tertentu.Seperti takut ketinggian,takut darah,takut ular,takut terbang dsb.

Generalized anxiety disorder.
Gangguan ini melibatkan rasa kuatir yang berlebihan,meski tidaj ada hal-hal yang memprovokasi ketakutan tsb.Orang yang demikian seringkali mengalami halusinasi.


Detak jantung tak teratur.
Diketahui bahwa kecemasan dan ketakutan meningkatkan kadar hormon adrenalin dalam darah.Hormon tersebut menyebabkan detak jantung meningkat tak teratur.Orang yang demikian  mimiliki gejala :
- Kecemasan yang berlebihan.
- Tidak terkendali dan cenderung obsesif terhadap sesuatu.
- Sering mengalami kilas balik dari pengalaman trauma.
- Sering dihantui mimpi buru.
- Sering berkeringat dingin.
- Sesak napas.
- Palpitasi (detak jantung tidak teratur).
- Tidak bisa tenang atau diam.
- Sering mengalami ketegangan otot.
- Mual,pusing dan sering kesemutan.

Tidakseimbangan kimia tubuh.
Penyakit kecemasan merupakan penyakit psikis yang paling sering terjadi.Penyebabnya bisa apa saja,seperti ketidakseimbangan kimia dalam tubuh,perubahan struktur otak,lingkungan ,trauma, fobia dsb.Kecemasan terjadi karena suatu kelainan medis atau pemakaian obat.Obat-obatan yang dapat menyebabkan kecemasan adalah alkohol,stimulan(perangsang),kafein,kokain dan obat-obat yang diesapkan lainya.Kecemasan juga bisa terjadi bila pemakaian obat di hentikan.

Penyakit juga dapat menjadi penyebab atau kelainan pada salah satu organ tubuh juga dapat menjadi penyebab AD.Penyakit yang bisa menyebabkan kecemasan adalah;
- Kelainan neurologis (cedera kepala,infeksi otak,penyakit telinga bagian dalam)
- Kelainan jantung & pembuluh darah (gagal jantung aritmia)
- Kelainan endokrin (kelenjar adrenal atau kelenjar tiroid yang diperaktif)
- Kelainan penapasan (asma dan penyakit paru paru obstruktif menahun).

Diagnosa penyakit mental ini hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli.Tidak setiap oang bisa langsung bisa menilai bahwa orang dengan gejala-gejala yang telah disebutkan tadi berarti mengalami AD ini.Dokter membutuhkan riset dan observasi terhadap prilaku pasien.

Pengatasan : medis dan terapi.
Gangguan kecemasan ini bisa diatas dengan pengobatan,seperti pemberian anti depresan.Jga dengan psikoterapi,terapi prilaku,terapi relaksasi,atau bahkan diet.Biasanya,para ahli membantu pasienya untuk berbicara dan menemukan vcara-cara untuk menangani gangguan ini.

Obat anti cemas disebut juga ansiolitik atau obat anti penenang,diberikan untuk mengatasi gejala gejala kecemasan.Obat anti cemas memiliki efek mengendorkan otot-otot,mengurangi ketegangan,membantu tidur dan dan mengurangi kecemasan.Masalahnya,obat-obatan tsb hanya berfungsi untuk mengurangi gejala kecemasa yang timbul,tidak membereskan sumber utama mengapa seseorang mengalami kecemasan yang akut.Untuk mengatasi kecemasan ini,seringkali pasien gangguan cemas memeriksakan iri kebanyak dokter dan melakukan pemeriksaan yang sangat lengkap.Hasilnya tdk ditemukan adanya masalah dalam fisik pasien.Kondisi ini tentu mengurangi kualitas orang tsb dan menghabiskan biaya yang tidak perlu.

Karenanya, dibutuhkan sinergi metode pengobatan dan psikoterapi.Psikoterapi bisa dilakuan dengan bantuan psikiater atau tokoh agama.Yang terpenting dalam terapi psikologis ini adalah kehendak dalam diri pasien untuk berpasrah diri pada TUHAAN YME. Sikap pasrah itu menimbulkan rasa rileks yang dalam..

Tak bisa dilepaskan juga adalah peranan nutrisi,terutam nutrisi bagi syitem syaraf dan hormonal tubuh.Nutrisi itu menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh.Satu nutrisi yang amat penting bagi syistem syaraf dan hormon adalah royal jelly.Produk perlebahan itu mengandung asetilkolin,sejenis asam lemak esensial yang berguna menjaga sistem kelistrikan pada susunan syaraf pusat dan otak.

Kehidupan semakin kompleks dengan permasalahan hingga ada pepatah "hidup lebih sulit dari pada kematian."Permasalahan menimbulkan ketegangan,baik secara psikis maupun fisuk.Sekarang tinggal bagaimana kita menghadapi permasalahan itu.Lengkapi diri anda dengan doa dan nutrisi fisik untuk menghadapinya.
Harmony : maret 2012

3 komentar:

  1. saya penderita asma dan alergi obat , sekarang ini saya tambah penyakit lagi yaitu rasa takut yang sangat kuat apabila pergi sendirian kemana - mana harus di temani...

    BalasHapus
  2. saya mau minta masukan bagaimana cara mengobati penyakit takut ( sock ) saya yang berlebihan apabila pergi sendirian, saya juga punya penyakit asma dan alergi obat

    BalasHapus
  3. kalau nasihat dari saya , bersedekah setiap hari dan berdoa kepada Allah bisa memberikan solusi, insyallah

    BalasHapus